PENGARUH MOBILE ADVERTISINGTERHADAP ATTITUDE TOWARD MOBILE ADVERTISING PADA INDUSTRI MINIMARKET (Studi Pada Konsumen Alfamart di Kota Malang, Indonesia)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang iklan, menggunakan media iklan berupa telepon seluler (mobile advertising) seperti SMS dan MMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel entertainment, informativeness, irritation, dan credibility terhadap attitude toward mobile advertising pada konsumen Alfamart di Kota Malang, Indonesia secara parsial dan simultan. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Alat uji istrument adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinearitas,uji heteroskedastisitas, uji normalitas. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Jenis penelitian ini explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel independen dan variabel dependen.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Populasi penelitian ini adalah konsumen Alfamart di Kota Malang, Indonesia dan menggunakan sampel sebanyak 100 responden.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposivesampling. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan variabel entertainment, informativeness, irritation, dan credibility berpengaruh secara signifikan terhadap attitude toward mobile advertising. Secara parsial variabel informativeness dan credibility berpengaruh secara signifikan terhadap attitude toward mobile advertising sedangkan variabel entertainment dan irritation berpengaruh secara tidak signifikan terhadap attitude toward mobile advertising dimana irritation merupakan satu-satunya variabel yang negatif.Adapun variabel yang dominan mempengaruhi attitude toward mobile advertising pada konsumen Alfamart di Kota Malang yaitu variabel credibility.
Â
Kata kunci: Entertainment, Informativeness, Irritation, Credibility, Attitude Toward Mobile Advertising
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).