ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DANA PIHAK KETIGA PADA BANK UMUM KONVENSIONAL DI INDONESIA DARI PERSPEKTIF MAKRO EKONOMI (Periode Triwulan 2005-2013)

Dinda Ayu Dyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana  pihak ketiga dari perspektif makro ekonomi  di  Bank  Umum  konvensional  di  Indonesia.  penelitian  ini  menggunakan  metode kuantitatif dengan data triwulan DPK, Inflasi, PDB, Kurs, dan BI Rate dari tahun 2009 sampai

2013. Data-data tersebut meupakan data sekunder yang telah dipublikasikan oleh Bank Indonesia. penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Variabel dependen yang diteliti adalah DPK bank umum konvensional, sedangkan variabel independennya adalah PDB, Inflasi, Kurs, dan BI Rate. Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel PDB, Inflasi, Kurs, dan BI Rate secara simultan (Uji F) maupun parsial (Uji t) berpengaruh signifikan terhadap DPK perbankan konvensional di Indonesia (periode Triwulan Tahun 2005-2013). Dari hasil penelitian di temukan bahwa BI Rate, Kurs, PDB, Inflasi berpengaruh signifikan Positif terhadap DPK Bank Umum Konvensional (periode Triwulan Tahun 2005-2013).

 

Kata Kunci : Dana Pihak Ketiga, Inflasi, Kurs, PDB, dan BI Rate.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.