FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA KOTA MALANG (Study Kasus Pedagang Kaki Lima Di Wisata Belanja Tugu Kota Malang)
Abstract
Kota Malang dalam perkembangannya juga mengalami permasalahan yang sama untuk menghadapi Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai salah satu penggerak ekonomi kota. Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata sebagai unsur pelaksana berupaya memberikan bentuk pengembangan baru potensi pedagang kaki lima dengan suatu paradigma baru yakni pemberdayaan atau empowerment. Pasar minggu merupakan salah satu obyek wisata belanja yang terdapat di Kota Malang lokasinya berada di sebelah stadion Gajahyana yang biasa beroperasi setiap hari minggu pagi antara pukul 06.00 sampai 12.00. Tempat tersebut menyediakan berbagai jenis kuliner serta berbagai macam kebutuhan rumah tangga, souvenir, dan produk-produk unggulan Kota Malang. Dengan adanya pemberdayaan pedagang kaki lima diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakt memiliki keterbatasan modal, faktor pendidikan, serta sulitnya lapangan pekerjaan bagi seseorang yang tidak memiliki keterampilan Untuk itu upaya pemerintah kota dalam relokasi pedakang kaki lima agar dapat menyerap tenaga kerja serta mengurangi pengangguran di Kota Malang.
Kata kunci: Modal, Usia, Pendidikan, Pendapatan, PKL, Wisata Belanja Tugu
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.