PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS, DAN BRAND LIKING TERHADAP PENGABILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL SERTIFIKAT MUI DENGAN SIKAP TERHADAP MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Kebab Turki Baba Rafi Di Malang)
Abstract
Pencantuman label halal suatu produk perlu diperhatikan penting dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada konsumen dan untuk meningkatkan keputusan pembelian. Namun keputusan pembelian tidak hanya bisa ditingkatkan melalui label halal dalam suatu produk, namun bisa dipengaruhi dari tingakat religiusitas, brand liking dan sikap seorang konsumen.
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas dan brand liking terhadap keputusan pembelian dan apakah sikap terhadap merek sebagai variabel intervening mempengaruhi hubungan tingkat religiusitas dan brand liking terhadap keputusan pembelian makanan halal bersertifikat MUI. Populasidalam penelitian ini adalah konsumen Kebab Turki Baba Rafi yang beragama islam dengan jumlah sampel sebanyak 200 dengan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan pengujian variabel intervening menggunakan uji causal step.
Dari hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa tingkat religiusitas dan brand likingberpengaruh terhadap keputusan pembelian dan  sikap terhadap merek sebagai variabel intervening mempengaruhi hubungan tingkat religiusitas dan brand liking terhadap keputusan pembelian makanan halal bersertifikat MUI dengan pengaruh partial mediation.
Kata kunci: tingkat religiusitas, brand liking, keputusan pembelian, label halal, sikap terhadap merekDownloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).