PENGARUH IKLIM KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA CAFE RIA DJENAKA SHINING BATU JAWA TIMUR)

Gunawan Edy Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Iklim Kerja terhadap kinerja karyawan dan kompetensi karyawan terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis.

Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden yang diambil dari seluruh karyawan yang ada di café Ria Djenaka Shining Batu Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh (sensus). Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert, Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t atau secara parsial. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Dari hasil penelitian dengan langkah-langkah yang dijelaskan diatas diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dapat disimpulkan: (1) Iklim Kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (2) Kompetensi Karyawan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa iklim kerja dan kompetensi karyawan berpengaruh terhadap kinerja karyawan yang ada di Café Ria Djenaka Shining Batu Jawa Timur.

 

Kata Kunci: Iklim Kerja, Kompetensi Karyawan, Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.