ANALISIS STRATEGI PENGRAJIN KAIN SASIRANGAN DI KAMPUNG SASIRANGAN, BANJARMASIN (Studi Pada UKM Nida Sasirangan)

Adnan Kamal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan eksternal dan internal pada usaha pengrajin Nida Sasirangan di Kampung Sasirangan, Banjarmasin yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif eksploratif yang bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan dan perkembangan dari penerapan strategi Nida Sasirangan dalam mengetahui berbagai peluang dan kendala yang dihadapi serta memberikan alternatif strategi yang tepat untuk digunakan oleh usaha pengrajin Nida Sasirangan. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT (Strength - Weakness - Opportunity – Threat) untuk memperoleh alternatif strategi yang perlu diterapkan dan strategi yang paling diprioritaskan penerapannya oleh Nida Sasirangan.

Dapat    ditarik    kesimpulan    bahwa    Nida    Sasirangan    berada    pada    posisi Agresif serta dalam kondisi tumbuh dan membangun.  Dan  alternatif strategi  yang perlu diterapkan yaitu strategi SO (Strength - Opportunity), Dalam penerapan strategi SO dan berdasarkan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix ) maka yang perlu diprioritaskan oleh Nida Sasirangan yaitu strategi Intensif yaitu dengan penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Alternatif strategi selanjutnya yaitu strategi integrasi, dan yang terakhir yaitu penerapan strategi diversifikasi.

 

Kata   Kunci:  Perumusan  Strategi,  Lingkungan  Internal  dan  Eksternal,  Nida  Sasirangan, Pengrajin Kain Sasirangan.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.