PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEYAKINAN, PERSEPSI KREDIBILITAS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN E-BANKING

Uun farida, Zaki Baridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor- faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam menggunakan layanan electronic banking. Penelitian ini menggunakan modifikasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989.
Penelitian ini menggunakan metode survey untuk memperoleh data. Responden penelitian ini sebanyak 195 mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan layanan electronic banking. Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS versi 2.0M3. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan dan persepsi kredibilitas berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan elektronic banking. Sebaliknya konstruk persepsi kemudahan, persepsi keyakinan dan
kepercayaan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan layanan elektronic banking.
Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak managemen bank dan analis electronic banking agar memperhatikan kembali faktor kemudahan penggunaan dan kesesuaian dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi electronic banking pada sistem perbankannya.


Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), electronic banking, minat, persepsi kegunaan, persepsi kredibilitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.