ANALISIS DETERMINASI PEMAHAMAN PEMILIHAN PERBANKAN OLEH MASYARAKAT PONDOK PESANTREN LIRBOYO KOTA KEDIRI JAWA TIMUR (Studi Kasus Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri)

Galuh Husadatama, Marlina Ekawaty

Abstract


Penelitian   ini   bertujuan   menganalisis   Determinasi Pemilihan Perbankan Oleh Masyarakat Pondok Pesantren Lirboyo di Kota Kediri Jawa Timur.  Periode  penelitian  dimulai  pada tahun 2014, pada masyarakat pondok pesantren yang menjadi sampel sebanyak 87 responden  dengan metode  purposive  sampling.  Teknik  analisis  data mengggunakan  analisis  logit regresi.  Hasil logit regresi menyebutkan  bahwa   akses media informasi (cetak, elektronik) terhadap pemilihan jenis bank mempunyai pengaruh negatif. Artinya semakin tinggi akses media informasi baik cetak maupun elektronik, maka peluang responden memilih perbankan syariah akan berkurang. Hasil penelitian tidak dapat membuktikan adanya pengaruh pemahaman terhadap bank syariah dengan pemilihan jenis responden. Hal ini karena walaupun responden memiliki pemahaman mengenai produk bank syariah dengan baik kepatuhan beragama tidak berpengaruh terhadap pemilihan jenis bank. Ponpes Lirboyo sendiri mengenai konsep bunga bank dapat dilihat dari pernyataan KH Idris Marzuki yang merupakan pengasuh Ponpes Lirboyo Kota Kediri, menjelaskan mengenai Fatwa MUI tentang bunga bank melalui Rabitha Maahidil Islamiyah (RMI) sudah mengeluarkan tiga opsi tentang bunga bank. Hasil penelitian pada usia terhadap pemilihan jenis bank dapat dikatakan semakin matang usia responden dan yang mengindikasikan semakin baiknya tingkat keagamaan responden akan mempengaruhi responden untuk memilih perbankan syariah. Hasil penelitian pada jarak tidak berpengaruh terhadap pemilihan jenis bank. Hal ini terjadi karena walaupun jarak suatu bank tersebut dekat dengan lokasi tempat tinggal masyarakat, namun jika tidak sesuai dengan keinginan  masyarakat  tersebut,  maka  mereka  tidak  akan  menggunakan bank  tersebut.  Hasil penelitian pada  pendidikan tidak berpengaruh terhadap pemilihan jenis  bank. Hal  ini  karena kebutuhan perbankan tidak dipengaruhi oleh pendidikan seseorang, namun lebih dipengaruhi oleh kebutuhan  masyarakat akan  jasa  perbankan tersebut.  Hasil  penelitian pada  rekan  kerja  akan memberikan pengaruh baik  secara  langsung maupun tidak  langsung kepada  rekan  bisnisnya. Pengaruh langsung  seperti  halnya  kemudahan dalam  bertransaksi,  sedangkan pengaruh  tidak langsung tercermin dari tindakan rekan kerja.

 

Kata    kunci: Determinasi, Perbankan,  Akses  Media  Informasi,    Pemahaman Bank  Syariah, Kepatuhan Beragama, Usia, Jarak Perbankan, Pendidikan, Perbankan Rekan Kerja

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.