ANALISIS DETERMINASI PEMAHAMAN PEMILIHAN PERBANKAN OLEH MASYARAKAT PONDOK PESANTREN LIRBOYO KOTA KEDIRI JAWA TIMUR (Studi Kasus Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis Determinasi Pemilihan Perbankan Oleh Masyarakat Pondok Pesantren Lirboyo di Kota Kediri Jawa Timur. Periode penelitian dimulai pada tahun 2014, pada masyarakat pondok pesantren yang menjadi sampel sebanyak 87 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data mengggunakan analisis logit regresi. Hasil logit regresi menyebutkan bahwa akses media informasi (cetak, elektronik) terhadap pemilihan jenis bank mempunyai pengaruh negatif. Artinya semakin tinggi akses media informasi baik cetak maupun elektronik, maka peluang responden memilih perbankan syariah akan berkurang. Hasil penelitian tidak dapat membuktikan adanya pengaruh pemahaman terhadap bank syariah dengan pemilihan jenis responden. Hal ini karena walaupun responden memiliki pemahaman mengenai produk bank syariah dengan baik kepatuhan beragama tidak berpengaruh terhadap pemilihan jenis bank. Ponpes Lirboyo sendiri mengenai konsep bunga bank dapat dilihat dari pernyataan KH Idris Marzuki yang merupakan pengasuh Ponpes Lirboyo Kota Kediri, menjelaskan mengenai Fatwa MUI tentang bunga bank melalui Rabitha Maahidil Islamiyah (RMI) sudah mengeluarkan tiga opsi tentang bunga bank. Hasil penelitian pada usia terhadap pemilihan jenis bank dapat dikatakan semakin matang usia responden dan yang mengindikasikan semakin baiknya tingkat keagamaan responden akan mempengaruhi responden untuk memilih perbankan syariah. Hasil penelitian pada jarak tidak berpengaruh terhadap pemilihan jenis bank. Hal ini terjadi karena walaupun jarak suatu bank tersebut dekat dengan lokasi tempat tinggal masyarakat, namun jika tidak sesuai dengan keinginan masyarakat tersebut, maka mereka tidak akan menggunakan bank tersebut. Hasil penelitian pada pendidikan tidak berpengaruh terhadap pemilihan jenis bank. Hal ini karena kebutuhan perbankan tidak dipengaruhi oleh pendidikan seseorang, namun lebih dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat akan jasa perbankan tersebut. Hasil penelitian pada rekan kerja akan memberikan pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung kepada rekan bisnisnya. Pengaruh langsung seperti halnya kemudahan dalam bertransaksi, sedangkan pengaruh tidak langsung tercermin dari tindakan rekan kerja.
Kata kunci: Determinasi, Perbankan, Akses Media Informasi, Pemahaman Bank Syariah, Kepatuhan Beragama, Usia, Jarak Perbankan, Pendidikan, Perbankan Rekan Kerja
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.