PENGARUH DANA ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KEUNTUNGAN USAHA MIKRO MUSTAHIQ (Studi Kasus LAZ eL-Zawa UIN Maliki Malang)

Stefani Fitra Osika Fajrin

Abstract


Pembangunan ekonomi pada hakekatnya merupakan agenda penting bagi setiap negara yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara. Sektor UKM (Usaha Kecil Menengah) merupakan salah satu alat penting dalam membantu pembangunan ekonomi suatu negara. Adanya usaha mikro ini setidaknya dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap masalah pengangguran dan kemiskinan di suatu negara. Keberadaan Lembaga Amil Zakat ini setidaknya banyak membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang, baik dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi sampai pemerataan penghasilan. Selain itu potensi BAZ dan LAZ ini sangat besar dalam mengentaskan kemiskinan dikalangan masyarakat. Zakat merupakan suatu ibadah bagi umat islam yang hukumnya wajib apabila seseorang telah mencapai nisab dalam kepemilikan hartanya. Qadir (2001) dalam Gary (2011) secara konsep zakat zakat memiliki hubungan vertikal dan horizontal. Tujuan konsep hubungan horizontal dalam zakat tidak hanya untuk menyantuni orang yang tidak mampu atau bisa dibilang orang miskin secara konsumtif saja, melainkan juga memiliki tujuan permanen jadi tidak bersifat sementara saja yaitu mengentaskan kemiskinan serta mengangkat derajat fakir miskin dengan memberikan bantuan zakat produktif. Demi melihat pengaruh dana zakat produktif terhadap keuntungan usaha mikro mustahiq maka perlu memeperhatikan faktor-faktor total output, modal usaha mikro dan keaktifan mustahiq.

Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pendekatan kuantitatif bertujuan untuk mengetahui besarnya variabel-variabel dalam mempengaruhi tingkat keuntungan usaha mikro mustahiq LAZ eL-Zawa UIN Maliki Malang. Variabel-variabel yang dianalisa meliputi total output, modal usaha mikro dan keaktifan mustahiq. Variabel-variabel tersebut disusun menjadi sebuah model yang diestimasi menggunakan analisis regresi.

Hasil Analisis dari model regresi berganda dapat diketahui bahwa ada pengaruh signifikan total output, modal usaha mikro terhadap keuntungan usaha mikro mustahiq. Sedangkan variabel keaktifan mustahiq tidak berpengaruh signifikan terhadap keuntungan usaha mikro mustahiq. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini adalah sebesar 72,1%, sedangkan pengaruh terhadap keuntungan usaha mustahiq (Y) lainnya sebesar 27,9% dijelaskan oleh variabel lain atau variabel independen di luar persamaan regresi.


Kata kunci: total output, modal usaha mikro, keaktifan mustahiq, keuntungan usaha mikro mustahiq


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.