PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGI PADA INDUSTRI VIDEO GAME INDONESIA (Studi Pada “ELVEN GAMES” Surabaya)

Fadhil Rusdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visi, misi dan kondisi lingkungan pada Elven Games Surabaya dan Mengetahui penerapan Blue Ocean Strategy pada Elven Games Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Adapun jenis data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  data  primer  dan  sekunder. Metode pengumpulan data yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah case study (studi kasus), yaitu metode pengumpulan data dengan mengambil beberapa elemen dari Elven Games yang kemudian masing-masing elemen diselidiki secara mendalam.  Adapun  teknik  yang  digunakan  merupakan  perpaduan  beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah focus group discussion (FGD).  Data-data  yang  diperoleh  dari  Elven  Games  difokuskan pada  bidang manajemen strategi, khususnya penerapan strategi dengan blue ocean strategy. Dari hasil analisa diketahui bahwa untuk keluar dari red ocean dan menciptakan blue ocean strategy, Elven games sebagai perusahaan dapat menerepkan inovasi nilai melalui kerangka kerja empat langkah (Hapuskan – Kurangi – Tingkatkan – Ciptakan) serta menerapkan enam prinsip blue ocean strategy, yaitu yaitu : Merekonstruksi  batasan  pasar,  Fokus  gambaran  besar,   bukan  pada  angka ,menjangkau pasar hingga tingkat non-konsumen, Menjalankan rangkaian strategi secara   benar,   mengatasi   rintangan   organisasi,   dan   menjalankan   strategi. Diharapkan melalui pendekatan blue ocean strategy, kedepannya Elven games dapat semakin berkembang, baik secara lokal maupun global.

 

Kata kunci : Penerapan Strategi, Video Game, Blue Ocean Strategy


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.