ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KONSUMEN, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIG COLA DI KOTA MALANG

Arif Indra Ismawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan antara motivasi konsumen,persepsi konsumen, dan sikap konsumen secara langsung terhadap keputusan pembelian minuman berkarbonasi Big Cola di kota Malang. Penelitian dilakukan secara deskriptif mengacu pada teori-teori yang ada. Tujuan penelitian ini ialang ingin mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel bebas(motivasi konsumen, persepsi konsumen,sikap konsumen) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) dengan mengunakan analisis regresi dengan metode Uji F(simultan) dan Uji T(parsial).

Penelitian menggunakan sampel 160 konsumen yag pernah mengkonsumsi Big Cola di kota Malang. Pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling, disebut juga judgement sampling yaitu pemilihan sampel secara acak dengan standar tertentu yang disesuaikan dengan tujuan penelitian.

Hasil peneltian dengan mengunakan analisis regresi liniear berganda yang menunjukkan bahwa secara simultan motivasi konsumen (X1), persepsi konsumen(X2), dan sikap konsumen(X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keutusan pembembelian (Y) sebesar 0,002 dengan koefisien determinasi sebesar 0,301(30,1%) sedagkan secara parsial variabel bebas(motivasi konsumen, persepsi konsumen,sikap konsumen menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Manfaat dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai landasan dasar bagi Big Cola untuk membuat strategi yang dapat meningkatkan penjualan sehingga dapat menjadi salah satu pilihan terbaik diindonesia

 

 

Kata kunci: Motivasi Konsumen, Persepsi Konsumen, Sikap Konsumen, Keputusan  Pembelian, Minuman berkarbonasi Big Cola, Kota Malang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.