PENGARUH SIKLUS MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Roro Anindita Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siklus modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan.Variabel independen dalam penelitian ini adalah periode konversi persediaan, periode penerimaan rata-rata piutang, dan periode penangguhan hutang.Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan return on total asset.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus dan diperoleh 7 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan yang diperolehdari Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode penelitian tahun 2009-2013. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis regresi berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.

Hasil analisis dengan menggunakan uji simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama modal kerja berpengaruh signifikan positif terhadap profitabilitas perusahaan.Penelitian menggunakan uji parsial menunjukkan bahwa periode penerimaan rata-rata berpengaruh signifikan positif terhadap profitabilitas perusahaan, sertaperiode konversi persediaan dan periode penangguhan hutang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Sedangkan periode penerimaan rata-rata piutang memiliki pengaruh yang dominan terhadap profitabilitas.

 

Kata Kunci :Modal Kerja, Profitabilitas, Periode Konversi Persediaan, Periode Penerimaan Rata-rata Piutang, Periode Penangguhan Hutang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.