PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL LANGSUNG TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BALAI BESAR NSEMINASI BUATAN (BBIB) SINGOSARI MALANG

M. Hafiyyan Nur Cholis, Nadiyah Hirfiyana Rosita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi finansial langsung (direct finansial payment) terhadap kinerja karyawan BBIB Singosari. Kompensasi dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu kompensasi finansial  langsung (direct finansial payment) dan kompensasi tidak langsung (indirect payment). Pengukuran kompensasi finansial langsung (direct finansial payment) pada penelitian ini berdasarkan pada variabel variabel yaitu gaji, insentif, dan pembayaran tertangguh.

Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 karyawan PNS BBIB Singosari, Malang, selanjutnya peneliti mengunakan teknik simple random sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini yang ditentukan dengan rumus slovin sejumlah 47 karyawan PNS BBIB Singosari. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaji pokok, insentif, dan pembayaran tertangguh berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan BBIB Singosari, Malang. Variabel Pembayaran tertangguh menjadi variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap kinerja. Besarnya (R2) ketiga variabel independen tersebut terhadap produktivitas kerja karyawan BBIB Singosari adalah sebesar 63,3%, sedangkan sisanya yakni sebesar 36,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Kinerja karyawan, kompensasi finansial langsung, gaji pokok, insentif, Pembayaran tertangguh

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.