FUNGSI MS EXCEL YANG DIBUTUHKAN UNTUK BERKARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK: PERSEPSI DARI AKUNTAN PUBLIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi Ms. Excel yang dianggap penting, perlu dikuasai, dan yang selalu digunakan oleh akuntan publik dengan menggunakan model penelitian yang dilakukan oleh Ragland dan Ramachandran (2014). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah Akuntan Publik yang bekerja di lima KAP di Kota Malang dan dibagi ke dalam empat kategori yaitu Junior Auditor, Senior Auditor, Supervisor atau manajer, dan Partner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fungsi Dasar, Fungsi Format, Fungsi Filter dan Sortir Data, Fungsi Lookup, Tabel Pivot, dan Audit Formula merupakan Fungsi Ms. Excel yang paling penting bagi akuntan publik. Selanjutnya, Fungsi Dasar, Fungsi Format, Fungsi Filter dan Sortir Data, Macro, Fungsi Lookup, Pivot Table, Audit Formula, Analysis Data Add-ins, Statistical Regression Analysis, Fungsi Concatenate, Fungsi Keuangan, pernyataan IF/THEN, Keyboard Shortcuts, serta Diagram dan Grafik merupakan Fungsi Ms. Excel yang harus dikuasai oleh akuntan publik. Terakhir, Fungsi Dasar dan Fungsi Filter dan Sortir data merupakan Fungsi Ms. Excel yang selalu digunakan oleh akuntan publik.
Kata Kunci: Fungsi Ms. Excel, Akuntan Publik, Junior Auditor, Senior
Auditor, Supervisor, Partner.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.