Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pajak Daerah

Chintia Ratna Nastiti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak daerah kabupaten Madiun selama kurun waktu 1993-2014.

Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan ditunjang oleh studi pustaka yang berhubungan dengan penelitian. Untuk menganalisis pengaruh PDRB, inflasi, dan jumlah penduduk terhadap pajak daerah di Kota Surakarta digunakan model regresi linier berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Square). Proses pengujian yang digunakan terdiri dari pengujian secara statistik meliputi uji t, uji F, dan uji determinasi (R2). Sedangkan untuk pengujian ekonometrika (asumsi klasik) meliputi Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Autokorelasi.

Hasil analisa data dengan regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa uji secara individu (uji t) pada variabel independen yaitu PDRB, inflasi dan, jumlah penduduk dapat disimpulkan bahwa variabel PDRB memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan pajak daerah Kabupaten Madiun. Kemudian untuk variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap penerimaan pajak daerah di Kabupaten Madiun yaitu PDRB, hal ini dapat diketahui karena variabel PDRB mempunyai koefisien beta yang paling besar yaitu sebesar 0,455. Hasil Uji ekonometrika juga menunjukkan tidak adanya gangguan multikolinearitas, gangguan heteroskedastisitas dan gangguan

autokorelasi.

Melihat hasil analisis data ini, maka disarankan pihak pemerintah dapat mempertahankan serta meningkatkan mutu dari PDRB, karena variabel PDRB mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi Pajak Daerah, diharapkan hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan variabel-variabel lain yang merupakan variabel lain diluar variabel yang sudah masuk dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Pajak Daerah, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Inflasi, dan Jumlah Penduduk.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.