PERUMUSAN STRATEGI PADA UNIT USAHA DAN PEMASARAN PERUSAHAAN JASA BOGA (Studi Kasus PT. Kaltim Multi Boga Utama, Bontang)

Roosyta Bulan Wijayana, Yusuf Risanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal maupun eksternal PT. Kaltim Multi Boga Utama, Bontang terutama dalam meningkatkan pendapatan perusahaan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi berperan serta. Perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap input, tahap pencocokan dan tahap keputusan. Tahap input terdiri dari matriks EFE dan matriks IFE yang menjadi input utama. Tahap pencocokan terdiri dari matriks SWOT , matriks CPM dan matriks Grand Strategy yang akan menghasilkan berbagai alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Tahap keputusan terdiri dari matriks QSPM yang membantu dalam pemilihan alternatif strategi yang cocok untuk kondisi perusahaan saat itu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kondisi yang cukup baik. Perusahaan diharapkan mampu memanfaatkan peluang dan mengantisipasi ancaman serta mampu mempertahankan dan meningkatkan kekuatan yang dimiliki serta meminimalisir kelemahan yang ada pada perusahaan.

Alternatif strategi yang dapat digunakan oleh PT. Kaltim Multi Boga Utama adalah penetrasi pasar dengan peningkatan pangsa pasar melalui strategi pemasaran yang lebih baik.

 

Kata Kunci: Analisis Eksternal, Analisis Internal, Perumusan Strategi, SWOT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.