PENGARUH UPAH, PENDIDIKAN, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Bagian Produksi PT Panca Mitra Multi Perdana)

Rahardian Firdauz

Abstract


Dalam peningkatan target ekspor udang diperlukan peran perusahaan untuk meningkatkan produksinya, dimana bagian yang memegang peran penting dalam proses produksi adalah bagian produksi. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ekspor udang, PT Panca Mitra Multi Perdana perlu meningkatkan produktivitas kerja karyawan khususnya karyawan bagian produksi. Dalam hal ini produktivitas kerja karyawan dipengaruhi oleh upah, pendidikan, dan pengalaman Kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh upah (X1), pendidikan (X2), dan pengalaman kerja (X3) terhadap produktivitas kerja karyawan (Y) bagian produksi PT Panca Mitra Multi Perdana, (2) Mengetahui faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi PT Panca Mitra Multi Perdana. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upah (X1), Pendidikan (X1), dan Pengalaman Kerja (X3) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja (Y) karyawan bagian produksi PT Panca Mitra Multi Perdana. Sedangkan secara parsial, variabel pendidikan (X2) tidak memiliki pengaruh yang nyata terhadap produktivitas kerja karyawan (Y) bagian produksi PT Panca Mitra Multi Perdana. Hal ini dikarenakan pekerjaan yang dilakukan para karyawan bagian produksi tidak memerlukan pendidikan yang baik. Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap produktivitas kerja karyawan (Y) bagian produksi PT Panca Mitra Multi Perdana adalah Upah (X1).


Kata kunci: Upah, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Produktivitas Kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.