PENGARUH HEDONISME DAN MATERIALISME TERHADAP KECENDERUNGAN PEMBELIAN KOMPULSIF DI KOTA MALANG

Angga Pandu Wijaya, Agung Yuniarinto

Abstract


Pembelian kompulsif saat ini telah menjadi perilaku konsumen untuk memodifikasi perasaan menjadi lebih baik. Hedonisme dan materialisme terkait dengan produk yang dibeli konsumen secara berulang dan dalam jumlah banyak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hedonisme dan materialisme terhadap kecenderungan pembelian kompulsif di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan 110 sampel yang diperoleh melalui purposive sampling. Analisis penelitian menggunakan regresi berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hedonisme dan materialisme berpengaruh positif terhadap kecenderungan pembelian kompulsif. Secara parsial, hedonisme berpengaruh signifikan, sedangkan materialisme tidak berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan pembelian kompulsif.

 

Kata Kunci : Hedonisme, Materialisme, Pembelian Kompulsif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.