Formulasi Blue Ocean Strategy Pada PT. Gudang Garam Tbk.
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang strategi manajemen
baru yang disebut Blue Ocean Strategy pada industri rokok. Model Strategi baru diharapkan menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi industri rokok pada tahun 2013 dan 2014, antara lain : kompetisi yang ketat, kenaikan harga bahan baku, peraturan pemerintah yang menekan, meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan lingkungan. Perusahaan yang diteliti adalah PT. Gudang Garam Tbk., beserta cakupan industrinya dengan menggunakan data-data yang dikeluarkan pada periode tahun 2013 – 2014. Metode pengumpulan data mengunakan data primer dan sekunder. Analisis data primer dan sekunder menggunakan VRIO Analysis, 5 Forces Model Porter, dan PESTLE Analysis. Sedangkan tahap perumusan strategi Blue Ocean menggunakan perangkat analisis Blue Ocean dari prinsip 1 sampai dengan 4 yaitu : Canvas Strategy, 4 Action Framework, ERRC Grid dan Blue Ocean Idea (BOI) Index. Hasil analisis internal dan eksternal menunjukkan bahwa Current Strategy PT. Gudang Garam Tbk. memiliki sifat Red Ocean Strategy (ROS) dengan ciri-ciri : bersaing di pasar yang sama, melakukan strategi yang sama. Kondisi perusahaan saat dipetakan belum mencapai level yang setingkat dengan kompetitor nomor 1. Pembentukan kurva elemen baru menghasilkan 4 tambahan elemen nilai baru yaitu : Diversifikasi produk, Produk isi 10, Kemasan ramah lingkungan dan asbak fleksibel. Hasil analisis pembentukan Strategi Baru sebagai sintesis dari Strategi S-O dan Strategi Kanvas BOS, menghasilkan 10 (sepuluh) butir Strategi Baru bagi PT. Gudang Garam Tbk. Strategi ini diverifikasi dengan BOI Index, menunjukkan Stratgei Baru memenuhi kaidah dalam hal Utilitas, Harga, Biaya dan Adopsi. Model Strategi baru ini memiliki harapan untuk mendorong perusahaan keluar dari Red Ocean menuju Blue Ocean.
Kata Kunci : Blue Ocean Strategy, Industri Rokok, Model, Strategi, Manajemen
baru yang disebut Blue Ocean Strategy pada industri rokok. Model Strategi baru diharapkan menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi industri rokok pada tahun 2013 dan 2014, antara lain : kompetisi yang ketat, kenaikan harga bahan baku, peraturan pemerintah yang menekan, meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan lingkungan. Perusahaan yang diteliti adalah PT. Gudang Garam Tbk., beserta cakupan industrinya dengan menggunakan data-data yang dikeluarkan pada periode tahun 2013 – 2014. Metode pengumpulan data mengunakan data primer dan sekunder. Analisis data primer dan sekunder menggunakan VRIO Analysis, 5 Forces Model Porter, dan PESTLE Analysis. Sedangkan tahap perumusan strategi Blue Ocean menggunakan perangkat analisis Blue Ocean dari prinsip 1 sampai dengan 4 yaitu : Canvas Strategy, 4 Action Framework, ERRC Grid dan Blue Ocean Idea (BOI) Index. Hasil analisis internal dan eksternal menunjukkan bahwa Current Strategy PT. Gudang Garam Tbk. memiliki sifat Red Ocean Strategy (ROS) dengan ciri-ciri : bersaing di pasar yang sama, melakukan strategi yang sama. Kondisi perusahaan saat dipetakan belum mencapai level yang setingkat dengan kompetitor nomor 1. Pembentukan kurva elemen baru menghasilkan 4 tambahan elemen nilai baru yaitu : Diversifikasi produk, Produk isi 10, Kemasan ramah lingkungan dan asbak fleksibel. Hasil analisis pembentukan Strategi Baru sebagai sintesis dari Strategi S-O dan Strategi Kanvas BOS, menghasilkan 10 (sepuluh) butir Strategi Baru bagi PT. Gudang Garam Tbk. Strategi ini diverifikasi dengan BOI Index, menunjukkan Stratgei Baru memenuhi kaidah dalam hal Utilitas, Harga, Biaya dan Adopsi. Model Strategi baru ini memiliki harapan untuk mendorong perusahaan keluar dari Red Ocean menuju Blue Ocean.
Kata Kunci : Blue Ocean Strategy, Industri Rokok, Model, Strategi, Manajemen
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.