: ANALISIS PARTISIPASI KERJA PENDUDUK LANJUT USIA DI INDONESIA

Fathin Safirah Sumarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kecenderungan penduduk lanjut usia di Indonesia untuk bekerja dan tidak bekerja serta kecenderungan pekerja lanjut  usia di Indonesia untuk bekerja  full-time dan bekerja part-time, berdasarkan karakteristik demografi dan ekonomi yang meliputi umur, pendidikan, pengeluaran rumah tangga, jenis kelamin, kesehatan, status kawin, status dalam rumah tangga, daerah tempat tinggal, dan bidang pekerjaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder SUSENAS tahun 2011. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah  analisis regresi respon kualitatif yaitu probit.

Jumlah populasi yang di gunakan dalam penelit ian ini adalah sesuai dengan jumlah responden Susenas 2011 sejumlah 1.118.239 penduduk,  selanjutnya peneliti mengunakan  jumlah sampel dalam  penelitian  ini  sesuai  dengan  responden  Susenas  2011  yang  berumur  60  tahun  keatas sejumlah 87.905 penduduk dan pekerja lanjut usia sejumlah 42.123 penduduk. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi probit. Dengan menggunakan dua model probit, variabel dependen pada model pertama adalah bekerja dan tidak  bekerja. Sedangkan variabel dependen pada model kedua bekerja full-time dan part-time

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan penduduk lanjut usia untuk bekerja

lebih besar pada penduduk lansia laki-laki, penduduk lansia dengan status menikah, penduduk lansia dengan tingkat kesehatan yang relatif baik, dan penduduk lansia bersatus sebagai kepala rumah tangga. Sedangkan kecenderungan penduduk lanjut usia untuk tidak bekerja lebih besar pada penduduk lansia yang semakin tua, penduduk lansia dengan tingkat pendidikan yang semakin tinggi, Penduduk  lansia dengan pengeluaran rumah tangga yang  besar, Penduduk  lansia yang tinggal di daerah perkotaan. Pada model kedua, kecenderungan pekerja lanjut usia bekerja full- time lebih besar pada pekerja lansia laki-laki, pekerja lansia dengan status menikah, pekerja lansia dengan tingkat kesehatan pekerja lansia yang relatif baik, pekerja lansia bersatus sebagai kepala rumah tangga, dan pekerja lansia yang tinggal didaerah Perkotaan. Sedangkan kecenderungan pekerja lanjut usia bekerja part-time lebih besar pada pekerja lansia yang umurnya semakin tua.

 

Kata kunci: Partisipasi Kerja Penduduk Lanjut Usia, bekerja, tidak bekerja, full-time (≥ 35 jam perminggu), part-time (< 35 jam perminggu)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.