Pengendalian Persediaan Barang Dagangan Pada UD.Amino 2 Malang

Taslim Fadlin, Djumilah Zain

Abstract


Bagi perusahaan dagang, persediaan merupakan salah satu aset utama perusahaan karena sebagian besar investasi perusahaan dialokasikan untuk persediaan sehingga diperlukan pengelolaan persediaan yang baik agar persediaan dapat digunakan dengan efektif dan efrisien. Dalam penelitian ini, UD. Amino 2 sebagai salah satu perusahaan penjual batu alam harus dapat melakukan pengendalian persediaan dengan baik agar perusahaan dapat mengalokasikan dananya dengan efektif untuk penyediaan persediaan.

Penelitian ini bersifat studi kasus tunggal yang dilakukan untuk mengevaluasi pengendalian persediaan yang dilakukan oleh perusahaan UD. Amino 2, sehingga melalui evaluasi tersebut, dapat dilakukan pengendalian persediaan yang teratur bagi perusahaan untuk menekan  biaya persediaan dan untuk pengantisipasian kehabisan barang dagangan (stock out) di tengah pemintaan yang selalu berfluktuasi dengan penyediaan persediaan pengaman (safety stock). Pengendalian persediaan yang baik pada UD. Amino 2 dapat dilakukan dengan penetapan persediaan yang memiliki tingkat kontribusi tertinggi terhadap pendapatan perusahaan sehingga pengendalian persediaan yang teratur dapat difokuskan terhadap jenis persediaan tersebut.

Variabel utama dalam penelitian ini adalah tingkat permintaan barang dagangan pada periode tertentu dan biaya persediaan. Sumber data bersumber dari data internal perusahaan yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan yaitu deskriptif naratif dengan bantuan tabel statistik (tabel distribusi kurva normal) dan statistik sederhana ( Mean, standar deviasi).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Amino 2 belum melakukan pengendalian persediaan dengan teratur atau hanya berdasarkan pengamatan saja sehingga berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, penulis dapat memberikan beberapa contoh penerapan persediaan yang teratur dan baik. Pengendalian persediaan yang baik dapat diterapkan dengan penetapan titik ROP dan penetapan safety stock khususnya untuk persediaan yang memiliki volume penjualan yang tinggi sehingga efisiensi biaya persediaan seperti biaya penyimpanan dan biaya kehabisan barang (stockout) dapat dilakukan yang akhirnya diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.

 

Kata kunci: Pengendalian persediaan, biaya persediaan, safety stock


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.