PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS dan LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK MEREK SAMPOERNA MILD (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena persaingan yang saat ini meramaikan persaingan pasar khususnya untuk kategori produk rokok Mild. Penelitian ini mengulas upaya merek sampoerna mild untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan cara membentuk ekuitas merek yang dimiliki sekuat mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian rokok merek sampoerna mild pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan teknik purposive sampling terhadap 100 orang responden yang merupakan konsumen Sampoerna mild. Metode analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda menggunakan software SPSS 17.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan secara parsial variabel Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rokok merek Sampoerna mild dan variabel paling dominan adalah Loyalitas Merek. Analisis koefisien determinasi didapat nilai Adjusted R Square sebesar 0,594, yang berarti variabel Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek mempunyai pengaruh sebesar 59,4% terhadap keputusan pembelian rokok merek sampoerna mild.
Kata Kunci: Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.