PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN

Nislam Anisah Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap struktur modal baik secara parsial maupun simultan pada perusahaan makanan dan minuman di BEI periode 2009-2013.

Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan teknik penentuan sampel

menggunakan sensus. Jumlah populasi dan sampel pada penelitian ini  diperoleh sebanyak 13 perusahaan dengan periode tahun 2009-2013. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi  linier  berganda  yang  didahului  dengan  uji  asumsi  klasik.  Pengujian  hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini, terbukti bahwa struktur aktiva (X1), pertumbuhan penjualan (X2), ukuran perusahaan (X3), dan profitabilitas (X4) bersama-sama secara simultan berpengaruh terhadap keputusan struktur modal dengan nilai R2 sebesar 52%. Hasil ini menunjukan bahwa dalam menentukan struktur modal, perusahaan memperhatikan keempat variabel tersebut. Sedangkan secara parsial, keseluruhan variabel struktur aktiva (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan  penjualan  (X2)  secara  parsial  berpengaruh  signifikan  dengan  alpha  10% terhadap struktur modal, ukuran perusahaan (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap  struktur  modal,  dan  profitabilitas  (X4)  secara  parsial  berpengaruh  signifikan terhadap struktur modal.

 

 

Kata kunci:   struktur   modal,   struktur   aktiva,   pertumbuhan   penjualan,   ukuran perusahaan, profitabilitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.