Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi Kasus pada PT. Alam Sutera Realty, Tbk)

RISMA PRATIWI OCTAVIA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah melakukan akuisisi, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi. Variabel yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan tersebut terdiri dari rasio likuiditas (CR dan QR), rasio leverage (DER dan DAR), rasio aktivitas (ITO, FATO dan TATO), rasio profitabilitas (GPM, NPM, ROE, dan ROA), dan rasio nilai pasar (EPS dan PER). Objek penelitian yaitu PT. Alam Sutera Realty, Tbk periode tahun 2010-2014.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan keadaan kinerja keuangan PT. Alam Sutera Realty, Tbk antara sebelum dan sesudah akuisisi. Penelitian ini menggunakan uji statistik (paired samples t-test) sebagai teknik analisis data untuk melakukan pengujian hipotesis penelitian. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi.

Hasil penelitian yang didapat dari analisis deskriptif rasio keuangan, menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan sesudah akuisisi mengalami peningkatan yang cukup signifikan, namun juga mengalami penurunan dibandingkan sebelum akuisisi. Hal ini terlihat pada rasio QR, DER, DAR, ITO, TATO, GPM, ROE, dan EPS yang mengalami peningkatan sesudah akuisisi. Sedangkan rasio CR, FATO, NPM, ROA, dan PER menunjukkan penurunan sesudah akuisisi dibanding sebelum akuisisi. Hasil uji signifikan menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada semua rasio antara sebelum dan sesudah akuisisi.

 

 

Kata kunci : kinerja keuangan, akuisisi, rasio likuiditas, rasio leverage, rasio aktivitas, rasio profitabilitas, dan rasio nilai pasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.