ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PROGRAM KEMITRAAN BUMN SEBAGAI WUJUD TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (STUDI PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS)

Yashinta Novindasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program kemitraan  BUMN selama periode 2012-2014. Metode yang digunakan untuk mengukur efisiensi program kemitraan adalah metode non-parametrik Data Envelopment Analysis (DEA) dengan menggunakan software Warwick for DEA. Penelitian ini menggunakan sampel data sekunder yang diperoleh melalui akses data Laporan tahunan PKBL yang diserahkan oleh masing-masing BUMN kepada Kementrian Negara BUMN.  Hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas program kemitraan menunjukkan hasil rata-rata selama periode penelitian belum adanya tingkat efektivitas pada penyaluran dana Program Kemitraan.. Tingkat efisiensi program kemitraan BUMN 2012-2014 mengalami kenaikan pada tahun 2013 dan mengalami penurunan pada tahun 2014 secara rata-rata. Peningkatan nilai efisiensi dapat dilakukan dengan cara meningkatkan atau menurunkan variable input, yaitu dana pembinaan dan biaya operasional, serta variable output yang terdiri dari pendapatan bunga, pendapatan lain-lain, biaya lain, pinjaman kemitran, dan beban pembinaan sesuai nilai target yang direkomendasikan oleh DEA.

 

Kata kunci : efektivitas, efisiensi, program kemitraan BUMN, tanggung jawab sosial perusahaan Data Envelopment Analysis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.