PENGARUH BAURAN PROMOSI MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. TRI SURYA PLASTIK LAWANG

Irwan Surya A

Abstract


Perkembangan dunia industri semakin pesat banyak ditemukannya mesin dan peralatan pabrik untuk industri daur ulang dari bahan mentah menjadi barang jadi. Salah satu industri tersebut adalah daur ulang menjadi biji – biji plastik. Sekarang ini perusahaan dituntut untuk mampu bersaing dan mengatur strategi dalam persaingan global salah satunya dengan cara pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi yang terdiri dari : Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Langsung dan Publisitas terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui pengaruh dominan dari variabel bauran promosi terhadap keputusan pembelian. Menurut Philip Kotler (2005:10) adalah proses sosial yang dengan mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain. Idukasi penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini pada PT. Tri Surya Plastik Lawang dengan metode penelitian Explanatory Research. Cara pengumpulan data dengan cara Populasi dan Sampel. Teknik pengumpulan data : Observasi, Interview dan Dokumentasi. Sedangkan Uji Validitas dan Reliabilitas dalam teknik analisis data dengan cara Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Analisa Koefisien Korelasi dan Berganda serta Uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini adalah bauran promosi yang terdiri dari Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Langsung memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada PT. Tri Surya plastik Lawang. Sedangkan variabel publisitas tidak memiliki pengaruh terhadap pembelian pada PT Tri Surya Plastik Lawang. Saran terhadap perusahaan  tersebut yang terus menjadi mempertahankan dan  meningkatkan kualitas layanan serta menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Kata Kunci : Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Publisitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.