Identifikasi Struktur Pasar dan Strategi Keberlanjutan Usaha Warung Kopi di Kabupaten Gresik (Studi Kasus Warung Kopi di Kecamatan Gresik)
Abstract
Warung kopi merupakan salah satu UKM yang diminati oleh sebagian masyarakat Gresik
sebagai mata pencaharian utama. Karena semakin banyak peminat akan warung kopi di Kecamatan Gresik khususnya, membuat persaingan antar produsen warung kopi di Kecamatan Gresik semakin ketat. Persaingan yang terjadi antar produsen warung kopi tersebut dapat dijelaskan dengan mengidentifikasi struktur pasar yang ada pada persaingan warung kopi di Kecamatan Gresik. Dengan mengidentifikasi struktur pasar yang sesuai dengan komoditi warung kopi di Kecamatan Gresik dapat mengetahui strategi yang dipilih oleh produsen warung kopi di Kecamatan Gresik supaya bisa bertahan dalam persaingan yang semakin ketat tersebut.
Dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis sehingga dapat memecahkan rumusan masalah dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini, didapatkan struktur pasar pada komoditi warung kopi di Kecamatan Gresjk merupakan pasar persaingan monopolistik dengan melihat karakteristik yang memiliki jumlah produsen dan konsumen yang banyak, tidak ada hambatan bagi produsen untuk keluar masuk, jenis barang bersifat deferensiasi produk dan pembentukan harga dilakukan sendiri-sendiri. Dengan struktur pasar yang lebih mengarah pada pasar persaingan monopolistik, strategi yang dipakai oleh produsen warung kopi di Kecamatan Gresik bertujuan untuk menekan biaya produksi dan biaya tambahan lainnya. Dengan ditekannya biaya produksi serta biaya tambahan lainnya mengakibatkan produsen warung kopi bisa bertahan dan melanjutkan usahanya.
Kata Kunci : UKM, struktur pasar, strategi, keberlanjutan usaha
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.