Identifikasi Struktur Pasar dan Strategi Keberlanjutan Usaha Warung Kopi di Kabupaten Gresik (Studi Kasus Warung Kopi di Kecamatan Gresik)

Dimas Abdillah

Abstract


Warung kopi merupakan salah satu UKM yang diminati oleh sebagian masyarakat Gresik

sebagai  mata  pencaharian  utama.  Karena  semakin  banyak  peminat  akan  warung  kopi  di Kecamatan Gresik khususnya, membuat persaingan antar produsen warung kopi di Kecamatan Gresik  semakin  ketat.  Persaingan  yang  terjadi  antar  produsen  warung  kopi  tersebut  dapat dijelaskan dengan mengidentifikasi struktur pasar  yang ada  pada  persaingan warung kopi di Kecamatan Gresik. Dengan mengidentifikasi struktur pasar yang sesuai dengan komoditi warung kopi di Kecamatan Gresik dapat mengetahui strategi yang dipilih oleh produsen warung kopi di Kecamatan Gresik supaya bisa bertahan dalam persaingan yang semakin ketat tersebut.

Dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis sehingga dapat memecahkan rumusan masalah dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini, didapatkan struktur pasar pada komoditi warung kopi di Kecamatan Gresjk merupakan pasar persaingan monopolistik dengan melihat karakteristik yang memiliki jumlah produsen dan konsumen yang banyak, tidak ada hambatan bagi produsen untuk keluar masuk, jenis barang bersifat deferensiasi produk dan pembentukan harga dilakukan sendiri-sendiri. Dengan struktur pasar yang lebih mengarah pada pasar persaingan monopolistik, strategi yang dipakai oleh produsen warung kopi di Kecamatan Gresik bertujuan untuk menekan biaya produksi dan biaya tambahan   lainnya.   Dengan   ditekannya   biaya   produksi   serta   biaya   tambahan   lainnya mengakibatkan produsen warung kopi bisa bertahan dan melanjutkan usahanya.

 

Kata Kunci : UKM, struktur pasar, strategi, keberlanjutan usaha

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.