PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA PASAR PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA

Bagus Permana Putra

Abstract


Pada era globalisasi ini, persaingan usaha menjadi semakin ketat, semua perusahaan saling bersaing untuk dapat mempertahankan keberadaan perusahaannya, dengan melakukan initial public offering  di pasar modal diharapkan perusahaan bisa memenuhi dana yang harus diperoleh untuk melakukan ekspansi perusahaan. Pada saat  initial public offering IPO di pasar modal harga yang ditawarkan pada saat penawaran umum saham perdana berdasarkan kesepakatan antara perusahaan ( emiten ) dengan underwriter, dan pada saat penetapan harga saham itu juga sering terjadi underpricing, yaitu keadaan dimana harga saham pada waktu penawaran perdana relatif lebih rendah dibanding pada saat diperdagangkan di pasar sekunder. Pada penelitian kali ini menggunakan sampel yang terdiri dari perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2011 sampai 2015 dan mengalami underpricing yang terdiri dari 84 perusahaan, dengan variabel independent adalah tingkat underpricing dan variabel dependent adalah umur, ukuran, profitabilitas, financial leverage. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent baik secara parsial maupun secara simultan. Pada hasil pengujian korelasi parsial didapatkan hasil bahwa variabel independent (ukuran dan profitabilitas) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent ( tingkat underpricing ) dan pada pengujian korelasi simultan didapatkan hasil bahwa variabel independet berpengaruh secara bersama – sama  ( simultan ) terhadap variabel dependent..

 

Kata kunci: Initial Public Offering, Penawaran Umum, Underpricing, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Financial Leverage


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.