ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada Bank Muamalat Cabang Malang)
Abstract
Melalui penelitian ini nantinya dapat diketahu bahwa terdapat faktor-faktor yang mampu mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah khusunya pada bank Muamalat cabang Malang. Penelitian ini sampel sebanyak 100 responden yang berada di bank Muamalat cabang Malang. Melalui penyebaran kuesioner nantinya akan diketahui apakah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan Syariah. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan regresi logistic diketahui bahwa diantara keenam variabel yakni variabel pelayanan, promosi, keluarga, lokasi/aksesbilitas, bagi hasil dan bunga ternyata tidak semua variabel yang dijadikan faktor dalam penelitian ini berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah.
Faktor pelayanan, keluarga dan bagi hasillah yang ternyata berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah sedangkan faktor promosi, lokasi/aksesbilitas dan bunga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunkan jasa perbankan syariah.
Keywords: Preference customer, service islmic bank, logistic model
Â
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).