ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus pada Bank Muamalat Cabang Malang)

Authors

  • Afiah Srianti

Abstract

Melalui penelitian ini nantinya dapat diketahu bahwa terdapat faktor-faktor yang mampu mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan syariah khusunya pada bank Muamalat cabang Malang. Penelitian ini sampel sebanyak 100 responden yang berada di bank Muamalat cabang Malang. Melalui penyebaran kuesioner nantinya akan diketahui apakah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa perbankan Syariah. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan regresi logistic diketahui bahwa diantara keenam variabel yakni variabel pelayanan, promosi, keluarga, lokasi/aksesbilitas, bagi hasil dan bunga ternyata tidak semua variabel yang dijadikan faktor dalam penelitian ini berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah.

Faktor pelayanan, keluarga dan bagi hasillah yang ternyata berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah sedangkan faktor promosi, lokasi/aksesbilitas dan bunga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunkan jasa perbankan syariah.

Keywords: Preference customer, service islmic bank, logistic model

 

Downloads

Published

2016-04-11

Issue

Section

S1 ILMU EKONOMI