ANALISIS PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN BUMN (Studi Pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2014)

Muhammad Rajannoor

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance terhadap manajemen laba. Mekanisme Good Corporate Governance yang digunakan adalah dewan komisaris, dewan direksi, komite audit dan kepemilikan asing pada perusahaan BUMN pada tahun 2012-2014. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka dan dokumentasi dengan menggunakan data dari laporan keuangan perusahaan dan laporan tahunan perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Teknik pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian diperoleh bahwa good corporate governance secara simultan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, dan secara parsial hanya ukuran dewan komisaris yang berpengaruh terhadap manajemen laba.

 

 

 

Kata Kunci : Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Komite Audit, Kepemilikan aaaaaaaaaaaa Asing, Good Corporate Governance, Manajemen Laba


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.