PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MEMILIH TABUNGAN SIMPEDES DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA MALANG RAYA

Achmad Hisyam Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Memilih Tabungan Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Malang Raya”, yang terdiri dari: (1) Citra Pembuat, (2) Citra Konsumen, (3) Citra Produk secara simultan maupun parsial.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dijelaskan dalam bentuk  perhitungan angka.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory research yang menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang telah ditetapkan dengan menggunakan sampel sebanyak 150 orang responden dari Nasabah Bank Rakyat Indonesia Malang Raya. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik Non probability sampling dengan metode accidental sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji F, uji  t, uji dominan dan uji koefisien determinasi R. Untuk menganalisa data yang digunakan, memakai uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskesdastisitas, dan uji linieritas.

Hasil penelitian regresi menunjukkan bahwa secara simultan variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), dan Citra Produk (X3), memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Konsumen dengan signifikansi 0,000 dan Fhitung sebesar 23,239 Sedangkan secara parsial, variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai dan (X2), Citra Produk (X3) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dengan signifikansi masing-masing 0,007; 0,001; dan 0,000. Variabel yang paling dominan terhadap keputusan konsumen yaitu variabel Citra Produk (X3) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,386.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ketiga variabel yaitu Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), dan Cita Produk (X3) secara simultan dan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih tabungan simpedes Bank BRI. Variabel Citra Produk (X3) merupakan variabel yang paling dominan terhadap keputusan nasabah dalam memilih tabungan Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Malang Raya.

 

Kata Kunci: Brand Image, Keputusan Nasabah, Bank BRI


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.