PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN (STUDI PADA PT. (PERSERO) ANGKASA PURA I BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA)

Alif Firmanda Akbar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial secara parsial dan simultan terhadap Loyalitas Karyawan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan antara variabel – variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi yang digunakan sebanyak 160 responden yang diambil dari beberapa karyawan PT. (persero) Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Teknik pengambilan sampel pada penelitin ini yaitu teknik random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas. Uji hipotesis yang digunakan menggunakan uji f dan uji t.

Hasil penelitian ini adalah : (1) Kompensasi Finansial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Karyawan, (2) Kompensasi Non Finansial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Karyawan. (3) Kompensasi Finansial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Karyawan. (4) Kompensasi Non Finansial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Karyawan.

 

 

Kata Kunci : Kompensasi Finansial, Kompensasi Non Finansial, Loyalitas Karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.