Pengaruh Faktor Push, Pull, dan Mooring Effect Terhadap Keinginan Berpindah (Switching Intention) pada Konsumen Telkom IndiHome Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor push (faktor pendorong yang berasal dari
produk yang sedang digunakan), faktor pull (faktor penarik yang ditimbulkan oleh layanan pesaing), dan faktor mooring (faktor personal yang bersifat menahan) secara langsung mapun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 270 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampe secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan banyak indikator dari variabel eksogen dan didukung dengan sampel yang cukup banyak. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode PLS SEM dengan software SmartPLS 2.0. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji pilot testing, uji outer model, uji inner model. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dan hipotesis mediasi menggunakan uji sobel.
Kata Kunci : Push Effect, Pull Effect, Mooring Effect, Switching Intention
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.