Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Online

Authors

  • Dwi Pebranadian Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan toko online. Penelitian dilakukan terhadap pelanggan toko online yang merupakan mahasiswa S1 Universitas Brawijaya. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis.

Penelitian ini menggunakan 100 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel diambil dari mahasiswa S1 Universitas Brawijaya yang pernah melakukan belanja online minimal 3 kali. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji dominan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya kepercayaan yanng berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan kepuasan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Melalui koefisien regresi, kepercayaan lebih dominan mempengaruhi loyalitas.

 

 

Kata kunci : kepuasan, kepercayaan, loyalitas, toko online.

Downloads

Published

2016-04-11

Issue

Section

S1 MANAJEMEN