IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MENDUKUNG POTENSI KEBERLANGSUNGAN LEMBAGA PENYEDIA JASA ANJAK PIUTANG (STUDI KASUS DI KOPERASI PANDAWA SUKUN MALANG)

Achmad Afif Hajid Nasrullah

Abstract


Anjak piutang adalah salah satu solusi dari kondisi keterjepitan utang yang dialami oleh masyarakat luas hari ini. Anjak piutang sendiri ialah pemindahan kewajiban dari debitur (customer) kepada pihak yang menanggung utang itu (factor) untuk selanjutnya dilakukan pembayaran kepada pihak yang berhak (client). Salah satu lembaga yang mengadakan jasa anjak piutang tersebut adalah Koperasi Pandawa yang ada di Malang. Koperasi yang merupakan sokoguru perekonomian nasional dan memiliki asas yang sesuai dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong adalah badan hukum yang tepat untuk digunakan sebagai alat pemberdayaan masyarakat, tak terkecuali dengan Koperasi Pandawa dengan produk anjak piutangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan kelembagaan yang dilakukan oleh Koperasi Pandawa sebagai lembaga penyedia jasa anjak piutang dimana aspek penguat tersebut diamati melalui modal sosial (kepercayaan, jaringan sosial, norma), penerapan prinsip pembiayaan/kredit 5 C (character, capacity, capital, conditions, collateral), dan efisienitas biaya transaksi (biaya pencarian informasi, biaya pembuatan kontrak, biaya pengawasan). Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor modal sosial (kepercayaan, jaringan sosial, norma) membuat tetap berlangsungnya kegiatan Koperasi Pandawa dalam hal anjak piutang. Sementara dari  lima (5) aspek pembiayaan/kredit  yang  ada, Koperasi  Pandawa  hanya  menerapkan  aspek  character dan capacity dalam menerima anggota koperasi karena fokus utama dari Koperasi Pandawa adalah soal kemanusiaan (saling tolong-menolong), bukan profit-oriented semata. Serta biaya transaksi yang tidak terlalu besar (khususnya biaya pembuatan kontrak dan biaya pengawasan) membuat Koperasi Pandawa tetap bisa bertahan .

 

 

 

Kata kunci: anjak piutang, biaya transaski, capacity, capital, character, conditions, collateral, koperasi, modal sosial,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.