EVALUASI IMPLEMENTASI MANAJEMEN KAS PEMERINTAH PUSAT (Studi Kasus pada Direktorat Pengelolaan Kas Negara Ditjen Perbendaharaan)

Rolly Indra, Helmy Adam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kas pemerintah pusat yang dilakukan oleh Direktorat Pengelolaan Kas Negara Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Data penelitian berasal dari studi dokumentasi, pengamatan di lapangan dan wawancara.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen kas Direktorat Pengelolaan Kas Negara dilakukan dengan manajemen penerimaan dan pembayaran, cash forecasting dan manajemen saldo kas. Secara keseluruhan implementasi manajemen kas pemerintah pusat belum mencapai tujuan yang diharapkan karena masih menemui beberapa kendala, diantaranya adalah perkiraan penarikan dana harian satker belum akurat, terjadi keterlambatan penundaan tranfer dana dari Bank Operasional I ke rekening yang berhak, dan belum tersedianya sistem berbasis teknologi informasi yang baik untuk menunjang pengelolaan kelebihan kas.

 

Kata kunci :  Manajemen Kas, manajemen penerimaan dan pembayaran, cash forecasting, manajemen  saldo kas, pemerintah pusat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.