Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kenyamanan, Kepercayaan, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Minat Pembelian Kembali Secara Online
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat seseorang untuk melakukan pembelian kembali secara online. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh responden sebanyak 222 mahasiswa Jurusan Akuntansi yang telah melakukan pembelian kembali secara online. Peneliti menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian. Hasil pengujian untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk persepsi kegunaan, kenyamanan, kepercayaan, kepuasan, dan loyalitas pelanggan berpengaruh positif terhadap minat pembelian kembali secara online. Sebaliknya, konstruk persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap minat pembelian kembali secara online. Implikasi dari penelitian ini bagi pihak manajemen perusahaan dan pengembang sistem layanan e-commerce agar dapat memperhatikan kembali faktor tersebut dalam menerapkan pada situs jual belinya.
Kata Kunci : persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kenyamanan, kepercayaan, kepuasan, loyalitas pelanggan, minat pembelian kembali secara online, dan e- commerce.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.