PENGARUH PROFITABILITAS, BUSINESS RISK, NON DEBT TAX SHIELD DAN TANGIBILITY ASSET TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Untuk Periode 2012 - 2014)

Rudy Ernando Febryan

Abstract


Beberapa penelitian empiris terdahulu masih belum dapat membuktikan secara pasti hubungan antara profitabilitas, business risk, non debt tax shield dan tangibility asset terhadap penggunaan utang. Beberapa literatur mendefinisikan bahwa struktur modal merupakan gabungan antara pendanaan berupa utang dan ekuitas. struktur modal juga didefinisikan sebagai langkah bagaimana perusahaan mendanai kegiatan operasionalnya dengan menggunakan sumber pendanaan yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan hubungan antara profitabilitas, business risk, non debt tax shield dan tangibility asset terhadap penggunaan utang dalam struktur modal perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive. Setelah disesuaikan dengan beberapa persyaratan, total sampel yang digunakan sebanyak 231 sampel. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (PROF) dan non debt tax shield (NDTS) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap penggunaan utang (DAR) . Sedangkan business risk (BR) dan tangibility asset (TANG) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan utang (DAR).

Kata kunci : struktur modal, profitabilitas, business risk, non debt tax shield, tangibility asset, purposive sampling, analisis regresi berganda


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.