PERUMUSAN STRATEGI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH OLAHAN OLEH-OLEH KHAS KOTA BATU – MALANG (Studi Kasus Pada Produk Makanan Ringan Merek Bagus)

DWI PUTRI NOVITASARY

Abstract


Berkembangnya dunia usaha membuat banyakya UKM semakin bertambah dan  semakin tumbuh, hal ini membuat para pengusaha harus lebih peka terhadap adanya pendatang baru dengan berbagai produk yang sama disuatu wilayah. Manajemen dibutuhkan perusahaan untuk dapat mengelola perusahaan dan dapat bersaing dengan pesaing lain. Analisis lingkungan eksternal dan internal dibutuhkan perusahaan untuk dapat mengetahui dan mengenal ancaman yang akan dihadapi kedepan.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menganalisis keadan sebenarnya UKM Bagus Agriseta Mandiri, penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dengan menggunakan matriks eksternal dan internal perusahaan agar dapat menentukan kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang, maka dari itu perusahaan memerlukan perumusan strategi sehingga dapat menyimpulkan strategi yang tepat untuk perusahaan.

Analisis yang digunakan merupakan  Matris SWOT dengan analisis tersebut dapat saling memanfaatkan antara kekuatan dengan peluang, kelemahan dengan peuang, kekuatan dengan ancaman dan kelemahan dengan ancaman. Analisis ekternal dan internal faktor  juga digunakan dan menghasilkan posisi perusahaan Bagus Agriseta Mandiri berada diposisi tumbuh dan membangun dengan strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembarang pasar dan pengembangan produk. Dari hasil Matriks QSPM perusahaan dapat menerapkan strategi penetrasi pasar dengan memperkuat promosi yang dilakukan dapat melakukan promosi di media online. Strategi tersebut bertujuan untuk dapat menghadapi pesaing sekaligus memudahkan konsumen dan mendapatkan konsumen baru.

Kata Kunci: Perumusan Strategi, Strategi UKM, Bagus Agriseta Mandiri, Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.