PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PENGURUS ORGANISASI KEMAHASISWAAN (STUDI PADA HIMPUNAN MAHASISWA, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS BRAWIJAYA, MALANG)

Arga Satria Dewantara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan yang terdiri dari gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional secara parsial maupun simultan, serta untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja pengurus organisasi kemahasiswaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory (penjelasan) atau dikenal sebagai pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dengan variabel bebas Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1) dan Gaya Kepemimpinan Transaksional (X2) terhadap variabel terikat Kinerja Pengurus (Y) dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t, dan uji dominan.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja pengurus, (2) secara parsial, gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pengurus, (3) Gaya kepemimpinan transformasonal memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja pengurus organisasi kemahasiswaan. Hal ini menunjukkan bahwa ketua himpunan sudah cukup baik dalam menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dan gaya transaksional.

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Gaya Kepemimpinan Transaksional, Kinerja Pengurus


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.