Pengaruh Interaktivitas dan Vividness Website terhadap Pembelian Impulsif melalui Pleasure (Studi pada Konsumen Lazada.co.id)

Citra Juwita Banjarnahor

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaktivitas dan vividness website serta pleasure  terhadap  pembelian impulsif konsumen lazada.co.id baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis.

Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari populasi konsumen  lazada.co.id. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 17 tahun, minimal pernah mengakses dan membeli di website lazada.co.id. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini beupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis).

Dari hasil pengujian ini dapat disimpulkan bahwa variabel interaktivitas mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel pleasure konsumen lazada.co.id sebesar 0,358. Variabel vividness mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel pleasure konsumen lazada.co.id sebesar 0,446. Variabel pleasure mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel pembelian impulsif konsumen lazada.co.id sebesar 0,377. Variabel interaktivitas tidak mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel pembelian impulsif konsumen lazada.co.id. Variabel vividness mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel pembelian impulsif konsumen lazada.co.id sebesar 0,405 Variabel interaktivitas mempunyai pengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap variabel pembelian impulsif melalui pleasure konsumen lazada.co.id sebesar 0,182. Variabel vividness mempunyai pengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap variabel pembelian impulsif melalui pleasure konsumen lazada.co.id sebesar 0,226.

Kata kunci: Interaktivitas, Vividness, Pleasure, Pembelian Impulsif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.