Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking

Sartika Sari Ayu Tjini, Zaki Baridwan SE.,MSi.,Ak.

Abstract


Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi
Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat
Penggunaan Sistem Internet Banking. Penelitian ini bertujuan
untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi minat untuk
menggunakan layanan internet banking dengan memodifikasi model
Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis
pada tahun 1989. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode
survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 125 orang mahasiswa
Jurusan Akuntansi yang menggunakan layanan internet banking.
Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS. Hasil
analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk sikap
berpengaruh terhadap minat untuk menggunakan layanan internet
banking, serta konstruk kepercayaan dan persepsi kenyamanan
berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan layanan internet
banking. Sebaliknya, konstruk persepsi kegunaan dan persepsi
kemudahan tidak berpengaruh terhadap sikap digunakannya
Create PDF with GO2PDF for free, if you wish to remove this line, click here to buy Virtual PDF Printer2 layanan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan layanan internet banking dipengaruhi oleh sikap,
serta variabel sikap dipengaruhi oleh persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan. Implikasi dari penelitian in relevan bagi pihak
manajemen bank dan analis internet banking agar memperhatikan kembali faktor sikap, kepercayaan dan kenyamanan dalam
menerapkan dan mengembangkan transaksi internet banking pada sistem perbankannya.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), internet banking,
minat, sikap, kepercayaan, persepsi kenyamanan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.