SIKAP PENGGUNAAN MOBILE COMMERCE: MODIFIKASI TEORI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Meita Wulan Sari, Zaki Baridwan

Abstract


Sikap Penggunaan Mobile Commerce: Modifikasi Teori
Technology Acceptance Model. Studi ini Penelitian ini bertujuan
untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi sikap penggunaan
mobile commerce dengan memodifikasi model Technology Acceptance
Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti
memperoleh respon sebanyak 189 orang mahasiswa Jurusan
Akuntansi yang menggunakan layanan mobile commerce. Peneliti
menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk menguji data
penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa sikap
untuk menggunakan layanan mobile commerce dipengaruhi oleh
persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan para pengguna.
Konstruk inovasi berpengaruh terhadap persepsi kegunaan dan
persepsi kemudahan dalam menggunakan layanan mobile commerce,
serta konstruk gender berpengaruh terhadap persepsi kegunaan,
namun tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan dalam
menggunakan layanan tersebut. Hal ini berarti bahwa sikap untuk
menggunakan layanan mobile commerce dipengaruhi oleh persepsi
kegunaan dan persepsi kemudahan, serta variabel persepsi
kegunaan dipengaruhi oleh inovasi dan gender, sedangkan variabel
persepsi kemudahan dipengaruhi oleh inovasi saja. Implikasi dari
penelitian ini relevan bagi pihak manajemen perusahaan dan analis
sistem penjualan online agar memperhatikan kembali faktor
kegunaan dan kemudahan dalam menerapkan dan mengembangkan
transaksi mobile commerce pada sistem jual beli. Selain itu, perlu
diperhatikan juga mengenai inovasi serta peran gender dalam
memengaruhi persepsi kegunaan dan inovasi dalam memengaruhi
persepsi kemudahan.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), mobile commerce,
sikap, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, inovasi, gender.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.