PENERIMAAN SISTEM E-COMMERCE : PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO

Pradhita Saraswati, Zaki Baridwan SE.,MSi.,Ak.

Abstract


Penerimaan Sistem E-Commerce : Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko dan Persepsi Manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat digunakannya sistem e-commerce dan pengaruhnya terhadap perilaku penggunaan sistem e-commerce. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 234 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi yang menggunakan layanan sistem e-commerce. Peneliti menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian.  Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa konstruk minat berpengaruh terhadap perilaku untuk menggunakan layanan e-commerce, serta konstruk kepercayaan dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap minat digunakannya layanan sistem e-commerce. Sedangkan konstruk persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat digunakannya layanan e-commerce. Hal ini berarti bahwa perilaku untuk menggunakan layanan e-commerce dipengaruhi oleh minat, serta variabel minat dipengaruhi oleh persepsi kepercayaan dan persepsi manfaat. Implikasi dari penelitian “in relevan” bagi pihak manajemen dan pengembang sistem agar memperhatikan kembali faktor minat, kepercayaan, dan persepsi manfaat dalam menerapkan dan mengembangkan transaksi e-commerce pada sistem jual beli.

 

Kata Kunci: kepercayaan, persepsi risiko, persepsi manfaat, minat, perilaku, e-commerce.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.