PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, NET PROFIT MARGIN DAN EARNING PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar di BEI)

Adi Kharis Maulana

Abstract


Saham merupakan salah satu instrumen di pasar modal yang paling populer. Saham menjadi instrumen investasi yang banyak dipilih para investor karena saham mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik. Salah satu industri yang sedang berkembang pesat saat ini adalah industri otomotif. Penjualan dan ekspor komponen kendaraan bermotor yang sangat tinggi  di indonesia mengakibatkan investasi di sektor otomotif meningkat sangat pesat.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham pada perusahaan sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010 – 2014.

Populasi pada penelitian ini adalah 7 perusahaan sektor otomotif dan komponen yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2010 – 2014. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu menjelaskan ada tidaknya pengaruh antara variabel independen dengan variabel dependen melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CR dan DER tidak memiliki pengaruh sinifikan terhadap harga saham, sedangkan NPM dan EPS memilki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham perusahaan sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di BEI.

Kata kunci: Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Earning per Share, Harga Saham



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.