PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PASURUAN

Maria Ulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja fisik  terhadap  kinerja karyawan  melalui  motivasi  kerja sebagai  variabel interveningnya pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan kuesioner. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus yakni sebanyak 112 orang yaitu seluruh karyawan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji analisis jalur.

Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  disiplin  kerja  berpengaruh  langsung secara positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Motivasi kerja berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Disiplin kerja tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja. Dan lingkungan kerja fisik tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi kerja maupun kinerja karyawan.

Kata Kunci : Disiplin kerja, lingkungan kerja fisik, motivasi kerja, kinerja karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.