Reaksi Pasar Modal Terhadap Pengumuman Gagal Bayar Hutang Yunani Pada Saham-Saham LQ-45 (Event Study Krisis Keuangan Yunani Pada Tahun 2015)

Muhammad Zainuddin

Abstract


Pada tanggal 30 Juni 2015, negara Yunani gagal membayar hutang sebesar €1,6 miliar kepada Dana Moneter Internasional (IMF). Dengan kondisi krisis keuangan negara yang seperti ini menjadikan negara Yunani sebagai negara maju pertama yang gagal membayar hutang dan hanya hidup dari uang pinjaman untuk sementara waktu. Adanya peristiwa ini disinyalir akan mempengaruhi keputusan investor dalam berinvestasi di pasar modal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan average abnormal return (AAR) secara signifikan pada saham-saham LQ-45 sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman gagal bayar hutang Yunani. Kemudian untuk mengetahui apakah ada perbedaan average trading volume activity (ATVA) secara signifikan pada saham-saham LQ-45 sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman gagal bayar hutang Yunani.

Metode penelitian ini adalah event study dengan model market-adjusted dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan metode sample jenuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 45 perusahaan emiten yang terdaftar dalam indeks LQ-45 periode 1 Februari 2015 s/d 31 Juli 2015. Periode jendela yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 hari pengamatan meliputi 7 hari sebelum peristiwa (pre-event), dan 7 hari sesudah peristiwa (post-event).

Hasil pengujian hipotesis I menunjukkan bahwa average abnormal return (AAR) saham tidak berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman gagal bayar hutang Yunani. Hasil pengujian hipotesis II menunjukkan bahwa average trading volume activity (ATVA) saham tidak berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah peristiwa pengumuman gagal bayar hutang Yunani. Hal ini berarti bahwa peristiwa pengumuman gagal bayar hutang Yunani tidak memiliki kandungan informasi (information content) terhadap reaksi pasar modal. Karena para investor sudah memahami akan terjadinya krisis keuangan Yunani sejak 4 bulan sebelum negara Yunani gagal membayar hutang pada jatuh tempo, seperti yang sudah diberitakan oleh beberapa sumber di media cetak maupun di media elektronik. Sehingga para investor sudah mengantisipasi kejadian tersebut.

Kata kunci : Pasar Modal, Event Study, Abnormal Return, Trading Volume Activity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.