Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Penelitian Pada Karyawan Pandu Logistics Cabang Jl. Ciliwung No. 57 Malang). Kajian Konsentrasi Sumber Daya Manusia

Desy Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial serta variabel yang berpengaruh dominan dari variabel-variabel kompensasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan.

Penelitian ini dilakukan pada PT . Pandu Logistics Cabang Malang dengan kompensasi dan motivasi sebagai variabel independent dan kepuasan kerja sebagai variabel dependent. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 35 orang yang ditentukan menggunakan sampel jenuh atau sensus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan observasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 17.

Hasil studi menunjukkan bahwa variabel kompensasi dan motivasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan. Sementara pengujian secara parsial menunjukkan bahwa kompensasi dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Selanjutnya kompensasi merupakan variabel dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan.

Kata kunci: Kompensasi, Motivasi, Kepuasan Kerja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.