Pengaruh Servicescape terhadap Revisit Intention dengan Pleasure Feeling Emotion sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape terhadap pleasure
feeling emotion dan revisit intention pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat, baik
pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 120
responden yang diambil dari populasi pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel
yang dipilih yaitu minimal berusia 17 tahun, minimal pernah satu kali berkunjung, serta
memiliki keinginan untuk mengunjungi kembali Wisata Edukasi Kampung Coklat. Alat uji
yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan
uji asumsi klasik.. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji
hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa servicescape mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap pleasure feeling emotion, pleasure feeling emotion mempunyai pengaruh positif
dan signifikan terhadap revisit intention, servicescape mempunyai pengaruh positif namun
tidak signifikan terhadap revisit intention, servicescape mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap revisit intention melalui pleasure feeling emotion.
Kata kunci: Servicescape, Pleasure Feeling Emotion, Revisit Intention.
feeling emotion dan revisit intention pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat, baik
pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 120
responden yang diambil dari populasi pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel
yang dipilih yaitu minimal berusia 17 tahun, minimal pernah satu kali berkunjung, serta
memiliki keinginan untuk mengunjungi kembali Wisata Edukasi Kampung Coklat. Alat uji
yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan
uji asumsi klasik.. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji
hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa servicescape mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap pleasure feeling emotion, pleasure feeling emotion mempunyai pengaruh positif
dan signifikan terhadap revisit intention, servicescape mempunyai pengaruh positif namun
tidak signifikan terhadap revisit intention, servicescape mempunyai pengaruh positif dan
signifikan terhadap revisit intention melalui pleasure feeling emotion.
Kata kunci: Servicescape, Pleasure Feeling Emotion, Revisit Intention.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.