PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KUNJUNGAN KEMBALI WISATAWAN (STUDI PADA WISATA MUSEUM ANGKUT KOTA BATU)

Tiara Aprisilya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut produk dan promosi
terhadap keputusan kunjungan kembali wisatawan pada Wisata Museum Angkut Kota Batu.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research yang bertujuan
untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian
hipotesis.
Penelitian ini menggunakan 100 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert lima poin. Alat uji
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik.
Untuk menentukan besarnya hubungan dan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat
digunakan model analisis regresi linier berganda, sedangkan untuk menguji hipotesis
menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya atribut produk yang berpengaruh signifikan
terhadap keputusan kunjungan kembali wisatawan pada Wisata Museum Angkut Kota Batu.
Sedangkan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan kunjungan kembali
wisatawan pada Wisata Museum Angkut Kota Batu. Melalui koefisien determinasi, keputusan
kunjungan kembali wisatawan dijelaskan sebesar 38.4% oleh atribut produk dan promosi.


Kata Kunci: Atribut produk, Promosi, Keputusan kunjungan kembali wisatawan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.